5 Risiko Jualan di Shopee Live Yang Harus Pemula Ketahui

BISNISUKM.WEB.ID – Nah sekarang ini, khusus kamu penjual di shopee, harus pelajari risiko jualan di shopee live, penting banget kamu ketahui.

Pasti kamu udah tahu dong, Shopee Live itu platform yang super populer buat penjual yang pengen jualan langsung sama pembeli.

Kamu bisa langsung ngomong, nunjukin produk, dan ngobrol langsung sama calon pembeli. Seru banget kan?

Tapi, nggak cuma untung aja yang bisa kamu dapetin di Shopee Live, ada juga risiko-risiko yang mesti diwaspadai.

Risiko Jualan di Shopee Live

Risiko Jualan di Shopee Live
Risiko Jualan di Shopee Live

Penipuan

Ya, ini dia yang paling sering terjadi, penipuan. Jadi begini, penjual bisa aja ketipu sama pembeli yang nggak jujur. Jadi risiko jualan di shopee live yang paling pertama dan harus kamu perhatikan yaitu penipuan.

Misalnya, ada pembeli yang ngaku-ngaku udah bayar padahal belum, atau malah nggak bayar sama sekali.

Kalau udah gitu, bisa-bisa penjual rugi besar, baik dari segi uang maupun waktu. Bayangin aja, udah capek-capek jaga live, ternyata nggak dapet duit.

Baca juga Strategi Jualan di Shopee Live

Selalu Memeriksa Pembayaran

Nah, biar nggak kena jebakan, penjual harus tetep waspada. Salah satu caranya, pastikan untuk memeriksa pembayaran sebelum ngirim produk. Kalau bisa, pilih metode pembayaran yang aman dan terpercaya.

Selain itu, penjual juga bisa jadi korban dari pembeli yang pura-pura baik, tapi ternyata nggak. Misalnya, ada pembeli yang bilang barangnya udah sampe, padahal belum.

Atau malah, ada yang ngaku barangnya rusak padahal nggak. Nah, buat ngelindungin diri dari kasus-kasus kayak gini, penjual harus punya bukti pengiriman yang kuat.

Memiliki Bukti Pengiriman Yang Jelas

Jadi, pastikan selalu punya bukti pengiriman yang jelas dan lengkap. Kalau perlu, tambahin juga asuransi pengiriman biar lebih aman.

Tapi, jangan khawatir ya, meskipun risikonya ada, nggak berarti kita nggak bisa ngelawan. Ada kok cara-cara buat menghindari risiko penipuan ini.

Pertama, pastikan buat komunikasi yang jelas dan lancar sama pembeli.

Kalau ada yang mencurigakan, jangan ragu buat menanyakan lebih lanjut. Kedua, cek terus laporan dan feedback dari pembeli. Kalau ada yang nggak beres, cepat tanggapin dan cari solusinya bareng.

Dan yang terakhir, jangan lupa untuk selalu mengupdate kebijakan dan prosedur jualan kamu. Dengan begitu, risiko penipuan bisa diminimalisir sebisa mungkin.

Pencurian Menjadi Risiko Jualan di Shopee Live

Selain penipuan, risiko jualan di shopee live selanjutnya sebagai penjual juga mesti waspada sama risiko pencurian. Bayangin aja, saat lagi siaran langsung, ada aja kemungkinan produk kamu bisa dicuri.

Baca juga Mengatasi Persaingan Ketat di Shopee

Atau lebih parahnya lagi, informasi pribadi kamu bisa diretas sama orang yang nggak bertanggung jawab. Nah, ini tentu bisa jadi masalah besar buat kita.

Supaya bisa ngelindungin diri dari risiko ini, pastikan kalau lokasi siaran kamu aman dan terkunci.

Jangan sampai ada yang bisa masuk seenaknya. Selain itu, hindari juga untuk nunjukin informasi pribadi secara langsung ke kamera, ya.

Umpan balik negatif

Selain risiko fisik, penjual juga mesti siap hadapi risiko umpan balik negatif dari pembeli. Ini juga nggak kalah pentingnya, lho.

Misalnya, ada pembeli yang nggak puas dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Mereka bisa aja ngasih umpan balik negatif yang bisa ngurangin reputasi kamu di Shopee Live.

Nah, buat menghindari risiko ini, yang paling penting adalah jaga kualitas produk dan layanan kamu.

Pastikan selalu memberikan yang terbaik kepada pembeli. Kalau ada masalah, jangan takut buat minta maaf dan mencari solusinya bersama-sama. Komunikasi yang baik bisa menghindarkan dari umpan balik negatif.

Persaingan

Di Shopee Live, persaingan antar penjual tuh super ketat, ya. Banyak banget penjual lain yang jualan di situ, jadi sulit buat kita buat menonjol dan menarik perhatian pembeli. Sehingga risiko jualan di shopee live yang selanjutnya ialah persaingan.

Nah, ini jadi risiko tersendiri buat kita. Tapi, tenang aja, masih ada cara buat mengatasinya. Salah satu caranya adalah dengan menciptakan brand atau keunikan sendiri.

Kamu bisa coba fokusin produk-produk yang beda dari yang lain, atau kasih bonus-bonus yang menarik buat pembeli.

Selain itu, penting juga buat kita buat interaksi yang baik sama pembeli. Jangan cuma jualan, tapi juga jalin hubungan yang personal. Dengan begitu, pembeli bakal lebih tertarik buat beli dari kita.

Tekanan untuk tampil

Di tengah siaran langsung di Shopee Live, penjual seringkali merasakan tekanan untuk tampil sempurna.

Ya, seperti yang kita tahu, tampilan itu penting, tapi kadang-kadang bisa bikin stres dan cemas juga.

Baca juga Cara Jualan Di Shopee biar auto cuan

Bayangin aja, harus selalu tampil cantik atau ganteng, terus harus ngomong yang bikin pembeli tertarik, pastinya nggak gampang, kan? Ini bisa jadi beban tersendiri buat penjual.

Mereka mungkin takut nggak bisa memuaskan pembeli, atau khawatir nggak bisa jualan dengan baik. Jadi, nggak heran kalau stres dan kecemasan bisa datang. Tapi, yang penting di sini adalah kita harus ingat bahwa yang terpenting adalah jadi diri sendiri.

Nggak perlu terlalu keras pada diri sendiri. Asalkan jujur dan ramah sama pembeli, pasti mereka akan terhubung dengan kita.

Jadi, santai aja, jangan terlalu stres! Yang penting adalah kita tulus dan menampilkan diri apa adanya.

Kesimpulan

Jualan di Shopee Live itu bisa jadi cara yang menguntungkan banget buat menjangkau pelanggan baru dan nambahin penjualan.

Tapi, ya, tentu aja kita juga harus paham betul risiko jualan di shopee live yang ada di platform ini dan gimana cara mengatasinya.

Dengan memperhatikan tips yang udah kita bahas tadi, penjual bisa banget maksimalin potensi Shopee Live sambil kurangi risikonya, lho.

Ingat, yang penting adalah jadi diri sendiri, jaga komunikasi yang baik sama pembeli, dan tetap waspada. Dengan begitu, jualan di Shopee Live bisa jadi makin menyenangkan dan menguntungkan.

Tinggalkan komentar