8 Cara Menghemat Kuota dengan Mudah Saat Menggunakan Zoom

BISNISUKM.WEB.ID – Buat kamu yang sering mengadakan zoom meeting atau pembelajaran online, wajib ketahui cara menghemat kuota dengan mudah saat menggunakan zoom.

Di tengah pandemi ini, hampir semua kegiatan kini beralih ke mode daring atau online. Banyak dari kita yang harus terbiasa dengan berbagai platform digital untuk berkomunikasi dan bekerja dari rumah. Perubahan ini memang membawa tantangan tersendiri, terutama dalam hal penggunaan kuota internet yang bisa jadi lebih boros dari biasanya.

Baik kantor maupun sekolah seringkali mengandalkan aplikasi video call seperti Zoom untuk tetap terhubung. Aplikasi ini memang sangat membantu, tapi siapa yang tidak khawatir dengan cepat habisnya kuota internet? Pastinya, kita semua ingin tetap hemat sambil terus produktif.

Namun, menggunakan aplikasi video call seperti Zoom dapat menghabiskan kuota data yang cukup besar. Setiap kali kita membuka kamera dan mikrofon, jumlah data yang digunakan pun meningkat. Ini bisa jadi masalah besar, terutama bagi mereka yang memiliki kuota terbatas atau koneksi internet yang tidak terlalu cepat.

Baca juga Penyebab Kenapa WA Web Tidak Bisa Discan

Nah berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Cara Menghemat Kuota dengan Mudah Saat Menggunakan Zoom

Cara Menghemat Kuota dengan Mudah Saat Menggunakan Zoom
Cara Menghemat Kuota dengan Mudah Saat Menggunakan Zoom

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghemat kuota saat menggunakan Zoom:

Nonaktifkan Kamera

Cara menghemat kuota dengan mudah yang pertama ini bisa kamu terapkan saat mengikuti rapat yang bersifat tidak terlalu resmi atau santai. Mematikan kamera adalah trik sederhana namun efektif untuk Cara menghemat kuota. Ketika kamu tidak perlu menunjukkan wajah, kenapa tidak mematikan kamera saja?

Untuk mematikan kamera, pilih opsi “Turn Off Camera” saat bergabung ke dalam ruang rapat. Langkah ini sangat mudah dilakukan dan bisa langsung mengurangi penggunaan data internetmu.

Selain itu, jika kamu berperan sebagai host, kamu juga dapat menonaktifkan kamera peserta lain untuk mengurangi penggunaan kuota internet mereka. Ini bisa sangat membantu, terutama jika peserta rapat jumlahnya banyak dan kamu ingin memastikan semua bisa mengikuti rapat dengan lancar tanpa kendala jaringan.

Matikan Pengaturan Kualitas Video HD Salah Satu Cara Menghemat Kuota

Cara menghemat kuota dengan mudah yang selanjutnya adalah dengan mengurangi kualitas video. Mengaktifkan tampilan video dalam resolusi HD (High Definition) dapat menguras lebih banyak penggunaan kuota internet.

Baca juga Cara Edit DM Instagram yang Terlanjur Dikirim

Kualitas video yang tinggi memang memberikan tampilan yang lebih jernih, namun hal ini tidak selalu diperlukan, terutama jika tujuannya adalah cara menghemat kuota dengan mudah. Berikut cara untuk menonaktifkan pengaturan video HD di Zoom:

  • Klik menu “Settings” atau Pengaturan di aplikasi Zoom.
  • Pilih opsi “Video” yang berada di sebelah kiri menu Pengaturan.
  • Pada bagian “My Video”, nonaktifkan centang pada kolom opsi “Enable HD”.

Dengan menonaktifkan pengaturan video HD, kualitas video akan sedikit berkurang, tetapi ini bisa sangat membantu dalam mengurangi penggunaan kuota internet. Kamu masih bisa mengikuti rapat dengan baik, hanya saja tampilannya tidak se-kinclong HD.

Pakai Fitur Share Screen Hanya Jika Dibutuhkan

Menggunakan fitur share screen memang sangat berguna saat kamu perlu menunjukkan presentasi atau dokumen kepada peserta rapat. Namun, fitur ini juga memakan banyak kuota internet.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu hanya menggunakan fitur share screen saat benar-benar dibutuhkan. Jika tidak ada lagi yang perlu ditampilkan, segera berhenti membagikan layar.

Selain itu, kamu juga bisa meminta partisipan lain untuk mematikan opsi berbagi layar ketika presentasi sudah selesai. Caranya, saat kamu menjadi host, kamu bisa mengatur agar hanya satu orang yang bisa berbagi layar pada satu waktu. Ini membantu mengurangi penggunaan data dan memastikan rapat tetap lancar tanpa gangguan.

Gunakan Platform Dokumen Online

Gunakan Platform Dokumen Online
Gunakan Platform Dokumen Online

Selain menggunakan fitur share screen, kamu juga bisa memanfaatkan platform dokumen online untuk berbagi informasi selama rapat. Beberapa layanan yang populer dan sering digunakan adalah Google Sheets, Google Docs, atau layanan sejenis lainnya.

Dengan cara menghemat kuota dengan mudah ini, peserta rapat bisa saling berbagi dokumen tanpa harus menggunakan fitur share screen yang memakan banyak kuota. Misalnya, jika kamu ingin berbagi materi presentasi, cukup unggah file ke Google Drive dan bagikan tautannya kepada peserta. Mereka bisa membuka dan melihat dokumen tersebut langsung dari perangkat mereka masing-masing, sehingga penggunaan kuota internet saat rapat bisa lebih hemat.

Memanfaatkan dokumen online juga membuat kolaborasi lebih mudah dan efisien. Kamu bisa bekerja bersama-sama dalam satu dokumen secara real-time, tanpa perlu repot berbagi layar. Ini adalah cara cerdas untuk menghemat kuota sekaligus meningkatkan produktivitas selama rapat online.

Matikan Mikrofon Saat Tidak Berbicara

Untuk mengurangi penggunaan bandwidth, ada baiknya mematikan mikrofon ketika tidak berbicara. Langkah ini juga membantu menjaga kebersihan suara selama rapat, menghindari kebisingan yang tidak perlu. Berikut cara mematikan mikrofon di Zoom:

  • Buka aplikasi Zoom versi desktop, kemudian klik ikon pengaturan di sudut kanan atas.
  • Setelah kolom pengaturan dibuka, pilih opsi “Audio” di sisi kiri.
  • Pada kolom Audio, centang empat opsi berikut:
    • “Automatically join audio by computer when joining a meeting”
    • “Mute my microphone when joining a meeting”
    • “Press and hold SPACE key to temporarily unmute yourself”
    • “Sync button on headset”

Dengan mencentang keempat opsi ini, mikrofon akan otomatis mati ketika kamu bergabung dalam rapat. Ini sangat praktis, terutama jika kamu sering lupa mematikan mikrofon sendiri. Selain itu, kamu bisa dengan mudah mengaktifkan kembali mikrofon saat ingin berbicara dengan menekan tombol SPACE.

Gunakan Opsi Perekaman Cloud Saat Rapat

Ketika melakukan rapat, kamu bisa memanfaatkan opsi perekaman video conference di layanan cloud yang disediakan oleh Zoom. Fitur ini sangat berguna jika kamu ingin menyimpan rekaman rapat untuk ditinjau kembali di kemudian hari.

Dengan perekaman di cloud, rekaman video akan langsung disimpan di layanan cloud Zoom, sehingga tidak perlu di-upload ulang dari komputer.

Menggunakan perekaman cloud juga membantu cara menghemat kuota dan juga ruang penyimpanan di perangkatmu dan memastikan rekaman tetap aman dan mudah diakses kapan saja. Untuk mengaktifkan fitur ini, pastikan akun Zoom-mu memiliki izin untuk menggunakan perekaman cloud dan aktifkan opsi tersebut di pengaturan rapat.

Baca juga Kenali Spesifikasi Samsung Galaxy M15 5G

Hindari Penggunaan Data Lain Saat Mengaktifkan Zoom

Hindari Penggunaan Data Lain Saat Mengaktifkan Zoom
Hindari Penggunaan Data Lain Saat Mengaktifkan Zoom

Agar pengalaman rapat online tetap lancar dan tidak terganggu, penting untuk menghindari penggunaan data lain selama rapat berlangsung. Sebaiknya jangan menjalankan aplikasi lain seperti streaming video atau musik, bermain game online, atau meng-upload dan download file besar saat rapat sedang berlangsung.

Dengan meminimalkan penggunaan data untuk aktivitas lain, koneksi internetmu akan lebih fokus pada Zoom, sehingga kualitas video call tetap optimal. Cara ini sangat membantu terutama jika kamu menggunakan koneksi internet dengan kecepatan yang terbatas atau berbagi koneksi dengan pengguna lain di rumah. Ingat, semakin sedikit gangguan pada koneksi internetmu, semakin lancar pula rapat yang kamu ikuti.

Kesimpulan

Di masa pandemi ini, hampir semua aktivitas beralih ke daring, termasuk pekerjaan dan pendidikan yang mengandalkan aplikasi video call seperti Zoom. Meskipun Zoom sangat membantu, penggunaan kuota internet yang besar menjadi tantangan.

Untuk cara menghemat kuota dengan mudah saat menggunakan Zoom, ada beberapa tips yang bisa diikuti. Nonaktifkan kamera saat tidak diperlukan, matikan pengaturan kualitas video HD, dan gunakan fitur share screen hanya jika dibutuhkan.

Selain itu, manfaatkan platform dokumen online seperti Google Docs untuk berbagi materi, matikan mikrofon saat tidak berbicara, dan gunakan opsi perekaman cloud untuk menyimpan rekaman rapat.

Terakhir, hindari menjalankan aplikasi lain yang menggunakan data besar selama rapat berlangsung. Dengan mengikuti tips ini, kamu bisa tetap produktif tanpa khawatir kuota internet cepat habis.

Tinggalkan komentar